Skip to main content

Resolusi di Tahun Baru

Sudah sangat lumrah, di setiap pergantian tahun, banyak orang mulai membuat resolusi baru. Misalnya punya mobil baru, rumah baru, turun berat badan 10kg, atau sixpack dalam 6 bulan. Resolusi baru yang diiringi dengan motivasi baru. Namun tidak sedikit juga yang tidak memiliki motivasi untuk membuat resolusi baru. Dan mulai mencari kisah-kisah motivasi untuk menambah motivasi di tahun baru. Nah, mungkin Anda salah satunya, karena sampai ke web ini. Well, sahabat motivasi, Anda sudah berusaha membuka laptop atau smartphone, membuka web browser,  dan mengetikan alamat website ini lalu mulai membaca kisah motivasi, Anda sudah cukup termotivasi...!!! Yak, segera tutup web ini dan mulai lah membuat resolusi baru dan kejar targetnya. Selamat Tahun Baru!

Self Regulation

Jenghis Khan adalah panglima yang terkenal dari Mongolia. Dalam setiap peperangan, ia selalu membawa burung rajawali kesayangannya.

Suatu ketika, setelah selesai bertempur, ia menyepi kesuatu tempat dan beristirahat, diikuti burung rajawalinya yang setia. Ketika melihat mata air yang jernih, timbulah rasa hausnya. Kemudian Jenghis Khan mengisi pundinya. Namun, entah kenapa burung rajawali menyerangnya. Ah, mungkin dia ingin bermain-main, lalu Jenghis Khan tetap mengisi pundi airnya. Namun kembali si burung menyerangnya, hingga pundi airnya jatuh. Marahlah Jenghis Khan, ditunggunya burung rajawali itu terbang mendekat padanya. Lalu dihunus pedang dan ditebas burung rajawali kesayangannya itu hingga tewas.


Setelah puas, Jenghis Khan kembali mengisi air. Saat itu ia melihat seekor bangkai binatang beracun yang telah membusuk di mata air tersebut. Jenghis Khan pun terhenyak, ternyata burung rajawali kesayangannya itu hendak memberi tahu, bila air tersebut sudah tercemar dan mungkin beracun.


Hatinya begitu kecewa, sedih dan marah, marah pada dirinya yang begitu bodoh. Hingga ia membunuh kawannya yang setia, yang hendak menyelamatkan dirinya. Akhirnya burung itu diselimuti oleh pakain perangnya dan dikuburkan secara kemiliteran.


Pembaca, Jenghis Khan adalah panglima hebat, begitu hebatnya hingga dapat mengatur begitu banyak prajurit dan memenangkan banyak peperangan.


Namun, ia tidak dapat menguasai dirinya disaat ia marah. Sehingga ia telah melakukan suatu kelalaian yang besar.


Apakah kita sudah menguasai diri kita? Apakah kita begitu reaktif terhadap lingkungan kita? Semoga cerita ini dapat mengingatkan kita dalam penguasaan diri. Sukses selalu.

Comments

Popular posts from this blog

10 Kebijaksanaan ala Steve Jobs

Lantai Pualam atau Patung Pualam?