Skip to main content

Resolusi di Tahun Baru

Sudah sangat lumrah, di setiap pergantian tahun, banyak orang mulai membuat resolusi baru. Misalnya punya mobil baru, rumah baru, turun berat badan 10kg, atau sixpack dalam 6 bulan. Resolusi baru yang diiringi dengan motivasi baru. Namun tidak sedikit juga yang tidak memiliki motivasi untuk membuat resolusi baru. Dan mulai mencari kisah-kisah motivasi untuk menambah motivasi di tahun baru. Nah, mungkin Anda salah satunya, karena sampai ke web ini. Well, sahabat motivasi, Anda sudah berusaha membuka laptop atau smartphone, membuka web browser,  dan mengetikan alamat website ini lalu mulai membaca kisah motivasi, Anda sudah cukup termotivasi...!!! Yak, segera tutup web ini dan mulai lah membuat resolusi baru dan kejar targetnya. Selamat Tahun Baru!

Aku ingin mengubah dunia

Ketika aku masih muda, masih penuh semangat dan vitalitas tinggi. Aku punya ambisi atau lebih tepat disebut mimpi. Aku ingin mengubah dunia. Waktu bergulir mengiringi bertambahnya usiaku seiring dengan bertambahnya kearifan pada diriku. Aku mengamati, ternyata dunia tidak juga berubah. Jadi kuturunkan target cita-citaku….. Aku ingin mengubah negriku.

Namun ternyata hasrat itu pun akan sulit tercapai. Aku mengamati betapa sulit memberantas korupsi yang sudah menyebar ke segala tingkatan dan mendarah daging. Betapa susah menanamkan disiplin dan integritas kepada anak negri. Betapa berat membangun rasa nasionalisme.

Usiaku beranjak senja dan dengan sisa-sisa semangatku, akhirnya kuputuskan untuk cukup mengubah keluargaku saja… mereka yang paling dekat dengan Aku. Tetapi, sayang atu lebih cock disebut celaka… mereka pun tidak mau diubah…!

Dan saat ini, ketika aku terbaring lemah menjelang ajal, baru aku tersadar…..

Seandainya yang pertama aku ubah adalah diriku, maka aku menjadi anutan dan teladan bagi orang lain. Lalu aku bisa mengubah keluargaku. dan juga orang-orang terdekatku. Kemudian menjadi dorongan semangat dan bantuan penuh serta inspirasi mereka, bisa jadi aku bisa mengubah negriku. Dan akhirnya…. siapa tahu aku pun bisa merealisasikan impianku untuk mengubah dunia.

Kawan, sering kali kita menjadi aku didalam cerita diatas. Terlalu mudah menuntut orang untuk berubah dan menjadi sesuatu. Tetapi disatu sisi kita tidak berubah dan menjadi teladan. Seperti unta dalam gelas kita tidak terlihat, tetapi semut digelas orang lain terlihat….

Comments